PEDOMAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI (PILMAPRES) 2019

PEDOMAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI (PILMAPRES) 2019

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) telah dimulai sejak tahun 1986 yang dalam pelaksanaannya mengalami pasang surut, termasuk pergantian nama atau istilah dan akronim. Penggunaan istilah pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) dimulai tahun 2004 yang kemudian pada tahun 2017 dimulai dengan akronim Pilmapres. Pilmapres dinilai telah memberikan dampak positif pada budaya berprestasi dan menghargai prestasi serta karya mahasiswa, termasuk model pembinaan mahasiswa di kalangan perguruan tinggi dan secara langsung atau tidak langsung dapat mengangkat martabat mahasiswa serta perguruan tingginya.

Pelaksanaan Pilmapres akan terus ditingkatkan kualitasnya dalam rangka memberikan motivasi berprestasi di kalangan mahasiswa dan menciptakan budaya akademik yang lebih baik. Selain itu, diharapkan proses pemilihan ini dapat diadopsi menjadi sebuah sistem pembinaan prestasi di perguruan tinggi.

Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyempurnakan pedoman atau aturan penyelenggaraan untuk meningkatkan kualitas Pilmapres. Tahun ini Pilmapres mengangkat tema “Sustainable Development Goals” yang diselenggarakan dalam dua kategori pemilihan, yaitu Pilmapres Program Sarjana dan Pilmapres Program Diploma.

Perbedaan penyelenggaraan antara kedua kategori tersebut terutama terletak pada prosedur, kriteria, dan metode penilaian.

 

 

PERSYARATAN

  1. Persyaratan Umum

Persyaratan umum dipenuhi oleh peserta melalui dokumen yang membuktikan bahwa peserta Pilmapres:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia;
  2. Terdaftar di PD-Dikti dan aktif sebagai mahasiswa program Sarjana maksimal semester VI;
  3. Berusia tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Januari 2019 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  4. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IP seluruh matakuliah yang lulus) ratarata minimal 3,00;
  5. Merupakan wakil resmi dari perguruan tingginya yang dibuktikan dengan Surat Pengantar dari pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan (Wakil Rektor/Ketua/Direktur) dan belum pernah menjadi finalis Pilmapres Tingkat Nasional. Apabila pemenang pertama berhalangan, pemenang berikutnya dapat diajukan sebagai pengganti.
  1. Persyaratan Khusus

Persyaratan khusus dipenuhi oleh peserta melalui kelengkapan yang harus diunggah oleh peserta untuk dinilai oleh tim juri, yaitu:

  1. Rekapitulasi Indeks Prestasi per semester;
  2. Karya tulis ilmiah yang ditulis dalam bahasa Indonesia baku;
  3. Ringkasan (bukan abstrak) yang ditulis dalam bahasa Inggris/bahasa asing PBB lainnya;
  4. Maksimum 10 (sepuluh) prestasi/capaian yang unggul dan membanggakan, dilengkapi dengan dokumen pendukung sebagai bukti;
  5. Video profil diri dan deskripsi kegiatan yang paling diunggulkan dan dibanggakan berdurasi 3 (tiga) – 5 (lima) menit bagi finalis tingkat nasional.
Close Menu