VIDEO 70 TAHUN A.S.R.I: Butet Kartaredjasa

VIDEO 70 TAHUN A.S.R.I: Butet Kartaredjasa

Butet Kartaredjasa lebih dikenal dalam dunia seni peran. Namun seniman serba bisa ini juga seorang seniman perupa. Ditemui di rumahnya, Butet sedang membuat sebuah drawing di atas kertas. Seniman alumni STSRI
“ASRI” menjadi salah satu anggota tim formatur untuk pembentukan ikatan alumni ASRI/STSRI “ASRI”/FSR ISI Yogyakarta.

 

 

Akademi Seni Rupa Indonesia (A.S.R.I.) berdiri atas dasar surat Keputusan Menteri PP dan K no. 32/Kebud., tanggal 15 Desember 1949. Peresmiannya dilakukan pada tanggal 15 Januari 1950 oleh Menteri PP dan K saat itu, yaitu S. Mangunsarkoro di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, dengan mengangkat direktur pertamanya RJ. Katamsi.

 

A.S.R.I. menjadi akademi seni pertama yang berdiri di era Republik Indonesia, dan tumbuh berkembang seiring dengan perkembangan bangsa dan negara RI. Pada perkembangannya A.S.R.I. menjadi Sekolah Tinggi Seni Rupa “ASRI” (STSRI “ASRI”), dan sejak tahun 1984 bergabung dengan Akademi Musik Indonesia (AMI) dan Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) menjadi Institut Seni Indonesia (ISI Yogyakarta). STSRI “ASRI” menjadi Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta.

 

Dalam rangka Peringatan Hari Lahir ke-70 akademi seni ini, FSR ISI Yogyakarta akan menyelenggarakan Peringatan Harlah tersebut dengan rangkaian acara:

15 Januari 2020 – Ziarah ke Makam Para Pendiri A.S.R.I. dan seniman.

18 – 19 Januari 2020 – Kongres Pertama Alumni A.S.R.I. hingga FSR ISI Yogyakarta

20 Januari 2020 – Peringatan HARLAH ke-70 A.S.R.I (Pidato Kebudayaan, Penghargaan Pratisara ASRI 2020, Peluncuran Buku ASRI)

Agustus 2020 – Seminar Internasional Seni Rupa

Oktober 2020 – Pameran Seni Rupa Jejak ASRI

 

 

 

 

Produksi:

 

Panitia HARLAH ASRI 70

Sweda

Close Menu